Statistika, kenalan dulu ah!!
Wednesday, April 4, 2007
Apa seh Statistika, hmm makanan po…*halah diotak kok adanya makanan aza neh*..makane perkenalkan..tattataraaaa…


Salah satu definisi menyebutkan bahwa statistik adalah metode ilmiah untuk menyusun, meringkas, menyajikan dan menganalisa data, sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan yang benar dan dapat dibuat keputusan yang masuk akal berdasarkan data tersebut.

Kalo di wikipedia. Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data.
Nah di wiki ini juga djelasin sejarah statistika klik disini tuk liat di wikipedia. Atau kalo males nglink lagi aku copiin neh dari wiki…*matursuwun wikipedia*
Penggunaan istilah statistika berakar dari istilah istilah dalam bahasa latin moderen statisticum collegium ("dewan negara") dan bahasa Italia statista ("negarawan" atau "politikus").
Gottfried Achenwall (1749) menggunakan Statistik dalam bahasa Jerman untuk pertama kalinya sebagai nama bagi kegiatan analisis data kenegaraan, dengan mengartikannya sebagai "ilmu tentang negara (state)". Pada awal abad ke-19 telah terjadi pergeseran arti menjadi "ilmu mengenai pengumpulan dan klasifikasi data". Sir John Sinclair memperkenalkan nama (Statistics) dan pengertian ini ke dalam bahasa Inggris. Jadi, statistika secara prinsip mula-mula hanya mengurus data yang dipakai lembaga-lembaga administratif dan pemerintahan. Pengumpulan data terus berlanjut, khususnya melalui sensus yang dilakukan secara teratur untuk memberi informasi kependudukan yang berubah setiap saat.
Pada abad ke-19 dan awal abad ke-20 statistika mulai banyak menggunakan bidang-bidang dalam matematika, terutama probabilitas. Cabang statistika yang pada saat ini sangat luas digunakan untuk mendukung metode ilmiah, statistika inferensi, dikembangkan pada paruh kedua abad ke-19 dan awal abad ke-20 oleh Ronald Fisher (peletak dasar statistika inferensi), Karl Pearson (metode regresi linear), dan William Sealey Gosset (meneliti problem sampel berukuran kecil). Penggunaan statistika pada masa sekarang dapat dikatakan telah menyentuh semua bidang ilmu pengetahuan, mulai dari astronomi hingga linguistika. Bidang-bidang ekonomi, biologi dan cabang-cabang terapannya, serta psikologi banyak dipengaruhi oleh statistika dalam metodologinya. Akibatnya lahirlah ilmu-ilmu gabungan seperti ekonometrika, biometrika (atau biostatistika), dan psikometrika.
Meskipun ada kubu yang menganggap statistika sebagai cabang dari matematika, tetapi orang lebih banyak menganggap statistika sebagai bidang yang banyak terkait dengan matematika melihat dari sejarah dan aplikasinya. Di Indonesia, kajian statistika sebagian besar masuk dalam fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, baik di dalam departemen tersendiri maupun tergabung dengan matematika.
posted by Kumpulan Tutorial Statistika at 8:08 PM | Permalink | 0 comments
Statistika dan Audio (multimedia)
Monday, April 2, 2007
Ternyata ada hubungan antara audio dengan statsitika tepatnya matematika.

Seperti dalam mengklasifikasikan Audio,

Many audio analysis tasks become possible based on sound similarity and sound
classification approaches. These include:

• the segmentation of audio tracks into basic elements, such as speech, music,
sound or silence segments;
• the segmentation of speech tracks into segments with speakers of different
gender, age or identity;
• the identification of speakers and sound events (such as specific persons,
explosions, applause, or other important events);
• the classification of music into genres (such as rock, pop, classic, etc.);
• the classification of musical instruments into classes.


Ternyata proses untuk menuju kesimpulan sama kayak analisis multivariate, Liat neh:

Analisa deskriptif -> segmentasi (analisis cluster) -> di pecah (analisis diksriminan) -> clasifikasi (analisis factor) ->decition deh

Wuihhh ternyata statistic kepake di dunia multi media….cihuyyyyyyyyyyyyyyy…
(berarti gw tetep setia dijalur gw...statistika dan multimedia)


Many classification systems can be partitioned into components such as :
1. A segmentation stage isolates relevant sound segments from the background
(i.e. the example violin sound from background noise or other sounds).

2. A feature extraction stage extracts properties of the sound that are useful for
classification (the feature vector, fingerprint). For both the sound similarity
and sound classification tasks, it is vital that the feature vectors used are
rich enough to describe the content of the sound sufficiently. The MPEG-7
standard sound classification tool relies on the audio spectrum projection
(ASP) feature vector for this purpose. Another well-established feature vector
is based on MFCC.
It is important that the feature vector is of a manageable size. In practice it is
often necessary to reduce the size of the feature vector. A dimension reduction
stage maps the feature vector onto another feature vector of lower dimension.
MPEG-7 employs singular value decomposition (SVD) or independent compo-
nent analysis (ICA) for this purpose. Other well-established techniques include
principal component analysis (PCA) and the discrete cosine transform (DCT).

3. A classifier uses the reduced dimension feature vector to assign the sound to
a category. The sound classifiers are often based on statistical models. Exam-
ples of such classifiers include Gaussian mixture models (GMMs), hidden
Markov models (HMMs), neural networks (NNs) and support vector machines
(SVMs).


Ternyata…statistika disini (audio integrator profesi gw neh) digunakan tapi dah userfriendly n saking friendlynya malah ga ketauan statistikanya…hmm sama aza ama para riset analisis pake SPSS yang mereka tinggal pake metode yang ada tanpa ia perlu tau bagaimana metode ini ada…hehehhehe sing penting tau data ini pake metode ini data itu pake metode itu…juga tujuan yg ingin dicapai….

Ternyata statistika berhubungan ma multimedia eh kebalik
multimedia -> statistika (baca: jika multimedia maka statistika) jadi kalo dibalik jadi pernyataan yang salah.(jadi inget mata kuliah PLMH)
posted by Kumpulan Tutorial Statistika at 11:51 PM | Permalink | 1 comments